10 Perintah Linux yang "Mungkin" Jarang di Pakai

1.
Spoiler Hide
Keluar dari Terminal dengan Cepat Anda dapat keluar dari terminal dengan cepat menggunakan CTRL+D
2.
Spoiler Hide
Menghapus Perintah Baris yang Panjang Misalkan Anda terlanjur mengetikkan perintah yang cukup panjang, maka Anda dapat menghapusnya seketika menggunakan CTRL+U. Tidak perlu menekan backspace atau del lagi.
3.
Spoiler Hide
Mengeksekusi Perintah Terakhir yang Dijalankan root@z3us# !! akan menjalankan perintah terakhir yang telah Anda gunakan.
4.
Spoiler Hide
Jalan Pintas untuk Membuat Direktori
root@z3us#mkdir -p /saya/buat/direktori/ini/hanya/dengan/satu/perintah/saja/ => Akan membuat seluruh direktori yang diperlukan bahkan ketika direktori tersebut tidak tersedia. Jadi mengapa membuang waktu dengan memberikan perintah rumit seperti ini: cd / ; mkdir saya ; cd saya; mkdir buat; cd buat; mkdir direktori …
5.
Spoiler Hide
Mengeksekusi Perintah Terakhir dengan Awalan Karakter Jika Anda ingin menjalankan perintah dari Command History Anda dengan menggunakan awalan sebuah karakter, misalnya huruf c, maka perintahnya:
root@z3us)# !c Akan memanggil perintah terakhir dengan awalan c.
6.
Spoiler Hide
Menjalankan Perintah secara Berulang dan Menampilkan Hasilnya Perintah watch akan menjalankan perintah secara berulang, dan menghasilkan output. Output yang dihasilkan akan ditampilkan bergantian interval waktu. Secara default, interval waktu yang digunakan adalah 2 detik. watch hampir sama dengan tail. Misalkan:
root@z3us# watch -d ls -l Baris di atas akan menghasilkan output berupa daftar file di current directory Anda dan akan menandainya setiap ada perubahan yang terjadi.
7.
Spoiler Hide
Berpindah ke Direktori Tempat Anda Berada Terakhir Untuk beralih ke direktori tempat Anda bernavigasi paling akhir gunakan : root@z3us# cd -
8.
Spoiler Hide
Menyimpan File dengan Cepat pada Teks Editor Vi/Vim Apabila Anda sedang terburu-buru, Anda dapat menyimpan file yang telah Anda tulis di vi dengan masuk ke mode normal (keluar dari mode insert dengan Esc), kemudian Anda tekan shift bersamaan dengan menekan dua kali.
9.
Spoiler Hide
Menemukan PID dari Suatu Proses secara Cepat Untuk mencari PID pada proses-proses yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan pgrep. Perintah ini akan mencari PID dari suatu proses yang sesuai dengan parameter yang telah diberikan. Misal:
root@z3us# pgrep mysqld Maka akan menghasilkan semua PID yang berhubungan dengan mysql.
10.
Spoiler Hide
Mengubah Keterangan Waktu dari Sebuah File
root@z3us# touch -c -t 0801010800 namaberkas.zip akan menampilkan keterangan waktu yaitu 2008-01-01 8:00. Format waktu yang digunakan adalah (YYMMDDhhmm).
10 Perintah Linux yang "Mungkin" Jarang di Pakai 10 Perintah Linux yang "Mungkin" Jarang di Pakai Reviewed by Unknown on 4:24 PM Rating: 5

No comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar

Popular Post

Powered by Blogger.