Toko online palsu dan cara mengenalinya | Arlizz

 
Para pembuat toko online palsu semakin lihai melakukan aksinya. Tak hanya beredar melalui situs dan blog, toko gadungan itu juga mulai marak menyerang lewat SMS dan Facebook.
Jumlah toko online palsu yang beredar di Indonesia semakin mewabah, bahkan sebagian besar di antaranya mencatut nama toko asal Batam agar lebih menggiurkan.

Ya, Batam memang dikenal sebagai area perdagangan bebas bea, sehingga banyak barang elektronik atau produk lain yang bisa didapat di sini dengan harga relatif lebih murah dibanding wilayah lain di Indonesia. Inilah yang dijadikan modal para penipu tersebut.
Jika ditelusuri lebih lanjut, banyak persamaan toko online palsu ini satu sama lain dalam menjaring korban nya. untuk itu marilah kita bahas persamaan toko online abal-abal ini sehingga kita jangan sampai terjerat dengan aksi penipuan semacam ini.

1. Menawarkan diskon yang tidak wajar, bahkan sampai 50% untuk semua produk elektronik.

2. Informasi Pembayaran yang tidak ditampilkan secara detail, seperti nama bank, no rekening, dan pemilik rekening.
Example :
3. Mempunyai Surat Izin Usaha (SITU) rekayasa yg berasal dari batam
Example :
(Surat Izin Usaha Ini Hasil Editan Photoshop, karena dari fisik terdapat perbedaan gradasi warna yg mencolok pada nama toko dan alamat toko yg pasti fiktif, jika kita liat propertiesnya kelihatan di Origin File merupakan hasil Adobe Photoshop Cs3)
4. Jika di lacak lebih jauh tentang yang punya domain, informasi domain toko online itu selalu di proteksi, sehingga tidak menampilkan identitas asli pemilik domain.
Example : http://who.is/whois/aliansishopping.com
Sedikit tips, sebelum melakukan transaksi ada baiknya juga para pengguna melidiki sedikit tentang toko atau penjual tersebut, siapa tahu ada testimoni yang mungkin berguna.
Mungkin itu sedikit cara mengenali toko online palsu yg bisa dijadikan panduan agar tidak terkecoh oleh ulah oknum-oknum ini, mudah-mudahan berguna. 
Sumber : http://klikinet.com 

-->
Toko online palsu dan cara mengenalinya | Arlizz Toko online palsu dan cara mengenalinya | Arlizz Reviewed by Unknown on 7:55 PM Rating: 5

No comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar

Popular Post

Powered by Blogger.