Ambisi seorang CEO Facebook Mark Zuckerberg

CEO Facebook Mark Zuckerberg memiliki ambisi besar untuk menghubungkan banyak orang di seluruh dunia lewat internet. Inisitaif tersebut disusun dalam sebuah, Internet.org yang diperkenalkan tahun lalu. Guna melancarkan inisiatifnya tersebut, Zuckerberg akan memanfaatkan banyak perangkat, seperti drone, satelit dan juga laser.
 
Zuckerberg juga sudah membentuk sebuah tim yang terdiri-dari beberapa ilmuwan dan mereka tergabung ke dalam Connectivity Lab. Connectivity Lab bertujuan untuk mengembangkan platformbaru guna menciptakan konektivitas mulai dari daratan, udara hingga ke orbit di luar angkasa. 
 
"Menghubungkan banyak orang di seluruh dunia butuh sebuah inovasi untuk menciptakan teknologi baru," tulis Zuckerberg dalam sebuah posting di Facebook saat mengumumkan kehadiran Connectivity Lab. 
 
Orang-orang pintar yang nantinya turut digandeng Facebook adalah mereka yang bekerja di NASA, National Optical Astronomy Observatory (NOAO) yang berbasis di Amerika Serikat serta Ascenta, perusahaan asal Inggris yang mengembangkan pesawat tanpa awak menggunakan tenaga surya.
 
Nantinya, para ilmuwan tersebut diminta untuk mengembangkan sebuah drone bertenaga surya yang dapat mendistribusikan koneksi internet dari dataran tinggi di daerah pinggiran kota.
 
Untuk kawasan dataran rendah, mereka diminta mengembangkan satelit yang bisa mendistribusikan internet hingga menjangkau daratan dan cocok digunakan di daerah padat penduduk. Sehubungan dengan hal itu, awal bulan ini, ada rumor yang menyebutkan Facebook tertarik untuk membeli pesawat tanpa awak buatan Titan. Namun tidak dijelaskan, apakah peswat tersebut bagian dari proyek ini?
 
Facebook memang belum mau berbicara banyak mengenai proyek baru yang dikembangkannya ini. Namun, Zuckerberg mengatakan bahwa proyek Internet.org telah membantu menghubungkan tiga juta orang ke internet, jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari jumlah pengguna mobile datadi Filipina dan Paraguay.
 
Perusahaan teknologi lainnya yang memiliki proyek serupa adalah Google. Pada tahun lalu, Google telah mengumumkan Project Link, sebuah inisitaif yang membawa jaringan fiber ke sejumlah negara berkembang.
 
Belum lama, Google juga memiliki ide yang terdengar gila, yaitu membawa akses internet ke daerah terpencil menggunakan balon udara. Inisitaif tersebut oleh mereka diberi nama Project Loon.

Sumber : Chip.co.id
Ambisi seorang CEO Facebook Mark Zuckerberg Ambisi seorang CEO Facebook Mark Zuckerberg Reviewed by Unknown on 11:14 PM Rating: 5

No comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar

Popular Post

Powered by Blogger.